PENGARUH RASIO LIKUIDITAS RASIO SOLVABILITAS RASIO ACTIVITY TERHADAP LABA PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI periode tahun 2013-2017)

Riris Setyowati, Rita Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, solvabilitas dan activity terhadap laba perusahaan, mengetahui pengaruh likuiditas, solvabilitas, dan activity terhadap laba perusahaan dan mengetahui kinerja keuangan memediasi pengaruh likuiditas, solvabilitas dan activity terhadap laba perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang digunakan yaitu laporan keuangan 20 perusahaan property dan real estate yang terdaftar dan listing di BEI periode 2013 – 2017 dengan sampel sebanyak 100 sampel. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan likuiditas, solvabilitas dan activity berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, likuiditas dan activity berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan, solvabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba, Kinerja keuangan tidak memediasi pengaruh likuiditas, dan activity terhadap laba perusahan, kinerja keuangan memediasi terhadap laba perusahaan. Dengan besarnya koefisien determinasi (Ajusted R Square) adalah 0,228 %. Hal ini berarti bahwa 22,8 % variabel dependen yaitu nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh ke empat variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 77,2 % laba perusahaan dijelaskan oleh variabel atau sebab – sebab lainnya diluar model.
Kata Kunci : Likuiditas, solvabilitas, activity, kinerja keuangan, laba perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.