PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Kasus Pada Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2013)

SEPTA IDAMAYANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh artinya modal kerja, perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan terhadap ROA pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013. Variabel bebas artinya modal kerja (X1), perputaran modal kerja (X2), perputaran kas (X3), perputaran piutang (X4), perputaran persediaan (X5). Sedangkan variabel terikatnya (dependen)  adalah ROA (Y).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. perputaran modal kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. perputaran kas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. perputaran persediaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA.

Secara simultan, modal kerja, perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi anova lebih kecil dari 0,05.

  karena Nilai  R Square dibawah 50% yaitu 28,2 % sedangkan nilai adjusted R square adalah sebesar 24,4% yang mengindikasikan bahwa variasi dari kelima variabel independennya (modal kerja, perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan) hanya mampu menjelaskan variasi variabel dependen (ROA) sebesar 24,4% sedangkan sisanya  75,6% (100%  - 24,4%) dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi penelitian ini. 

Kata Kunci :  modal kerja, perputaran modal kerja, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, ROA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.