PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA PINJAMAN, NON PERFORMING LOAN, DANA PIHAK KETIGA, INFLASI DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP PERMINTAAN KREDIT BANK UMUM DI JAWA TENGAH PERIODE 2009-2013

Eswanto Eswanto, Rita Andini, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variable Suku Bunga Pinjaman, Non Performing Loan (NPL), Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Permintaan Kredit. Data yang digunakan adalah Publikasi laporan keuangan perusahaan perbankan yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia serta laporan kinerja daerah yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik sejak tahun 2009 sampai dengan 2013 Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji Multikolinieritas, uji Autokorelasi dan Uji Heterosdastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk model persamaan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Suku Bunga Pinjaman, Non Performing Loan (NPL), dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) secara parsial berpengaruh negative secara signifikan terhadap permintaan kredit di periode 2009 sampai dengan 2013 di Jawa tengah dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0.05. Variabel Inflasi dan Dana Pihak Ketiga tidak berpengaruh terhadap permintaan kredit dengan nilai probabilitas di atas 0.05. Secara simultan Suku Bunga Pinjaman, Non Performing Loan (NPL), DPK, Inflasi dan PDRB berpengaruh signifikan terhadap permintaan kredit. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa dalam model regresi sebesar 59% perubahan Permintaan kredit disebabkan kelima variabel yang diteliti, sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan kedalam model penelitian.
Kata Kunci : Permintaan kredit, Suku bunga pinjaman, Non Performing Loan (NPL), Dana Pihak Ketiga (DPK), Inflasi, Produk Domesti Regional Bruto (PDRB)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.