PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN, KUALITAS APARATUR PEMERINTAH DAERAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Semarang Tahun 2014)

Mia Oktarina, Kharis Raharjo, Rita Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintahan, kualitas aparatur pemerintah daerah, good governance terhadap kualitas laporan keuangan di kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Semarang. Indikator dalam penelitian ini adalah penerapan standar akuntansi pemerintahan, kualitas aparatur pemerintah daerah, good governance. Sedangkan laporan keuangan sebagai variabel dependen.
Dalam penelitian ini jumlah populasi yang diteliti sebanyak 277 pegawai. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota populasi. Metode penelitian meggunakan metode kuantitatif dengan program SPSS Versi 20.0.
Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian secara statistik memberikan bukti bahwa penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kualitas aparatur Pemerintah Daerah,dan good governance berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan di kota Semarang.
Kata kunci : teori entitas, teori kegunaan, standar akuntansi pemerintahan, kualitas aparatur pemerintah daerah, good governance, laporan keuangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.