ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR ( STUDY EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK SEMARANG )

Unggul J Setyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor; ikatan kepentingan keuangan, hubungan usaha dengan klien, pemberian jasa-jasa lain selain jasa audit, lamanya hubungan audit, ukuran kantor akuntan publik, audit fee, persaingan antar kantor akuntan publik, pendidikan auditor dan kompetensi auditorm terhadap independensi auditor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik parametrik, analisis regresi berganda. Sampel yang digunaka sebanyak 100 orang anggota KAP di Kota Semarang, yang diambil dari populasi sejumlah 168 orang dengan teknik simple random sampling.
Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa variabel lamanya penugasan audit, ukuran KAP, audit fee, kompetensi auditor dan pendidikan auditor, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap independensi auditor. Hasil tersebut juga memperlihatkan bahwa kelima variabel bebas tersebut memberikan kontribusi sebesar 89 persen terhadap independensi auditor. Pengujian yang sama juga memperlihatkan bahwa hubungan usaha dengan klien, pemberian jasa lain selain jasa audit, persaingan antar KAP dan hubungan keluarga dengan klien tidak berpengaruh terhadap independensi auditor. Hasil tersebut memberikan arahan bahwa tinggi rendahnya independensi seorang auditor secara parsial tidak disebabkan oleh tinggi rendahnya variabel hubungan usaha dengan klien, pemberian jasa lain selain jasa audit, persaingan antar KAP dan hubungan keluarga dengan klien.
Keyword: independensi auditor, Kantor Akuntan Publik Kota Semarang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.