PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, EARNING PER SHARE, CURRENT RATIO, RETURN ON EQUITY DAN DEBT EQUITY RATIO TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di B E I Tahun 2011 – 2014)

MARVITA RENIKA SARI, abrar Oemar, Rita Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, earning per share, current ratio, return on equity dan debt equity ratio terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2011 – 2014.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BEI yang berada di Kota Semarang selama 4 tahun berturut - turut yaitu laporan keuangan periode tahun 2011 – 2014, ICMD tahun 2011 – 2014 dan annual report tahun 2011 – 2014.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu metode penentuan jumlah sampel yang diambil secara acak berdasarkan kriteria – kriteria tertentu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 perusahaan manufaktur yang terdapat di BEI dengan sampel penelitian sebanyak 31 perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen, earning per share berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen, current ratio berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, return on equity berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen dan debt equity ratio berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen.
Kata kunci : Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Earning Per Share, Current Ratio, Return On Equity, Debt Equity Ratio dan Kebijakan Dividen.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.