ANALISIS PENGARUH FIRM SIZE, AGE, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN GROWTH PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2010-2014

Siti Munsaidah, Rita Andini, Agus Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji pengaruh firm size, umur, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan perusahaan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Dari 49 perusahaan yang terdaftar, hanya 30 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian yang telah ditetapkan. Tehnik analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa firm size, umur, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap tanggung jawab sosial. Sedangkan pengujian koefisien determinasi menunjukan bahwa firm size, umur, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan mempunyai pengaruh 16,1% terhadap tanggung jawab sosial pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2010-2014.
Kata kunci: firm size, age, profitabilitas, leverage, growth, corporate social responsibility

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.