PENGARUH BOPO, NIM, NPL DAN CAR TERHADAP JUMLAH PENYALURAN KREDIT PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2010 -2014

DWINUR ARIANTI, Rita Andini, Rina Arifati

Abstract


Bagi investor, nilai perusahaan merupakan konsep penting karena nilai perusahaan merupakan indikator bagaimana pasar menilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur kepemilikan, kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam Indeks Kompas 100yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014 dan sampel sebanyak18 perusahaan dengan teknik purposive samplingAnalisis data yang digunakan uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,215. Ada pengaruh positif dari variabel struktur kepemilikanterhadap nilai perusahaan. dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,215 satuan. Ada pengaruh positif dari variabel kebijakan hutangterhadap nilai perusahaan,dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,026 satuan.
Saran yang dapat diberikanpenelitian berikutnya dapat melakukan penelitian dengan objek yang berbeda misalnya perusahaan sektor keuangan maupun sektor pertambangan untuk memperoleh konsistensi hasil penelitian.
Kata Kunci : profitabilitas, struktur kepemilikan, kebijakan hutang, nilai perusahaan manufaktur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.