PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2012 – 2016

Anung Dian Kosimpang, Rita Andini, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profitabilitas, ukuran perusahaan dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan pertambangan go publik yang listing di BEI.
Populasi yang digunakan adalah perusahaan pertambangan. Dengan metode purposive sampling data perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 20 perusahaan yang listing di BEI periode 2012 - 2016. Pengelolaan data dilakukan dengan metode regresi berganda (multiple regression) untuk memperlihatkan bagaimana variabel independen mempengaruhi variabel dependen.
Hasil pengujian hipotesis menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan profitabilitas terhadap struktur modal, sedangkan ukuran perusahaan (size) tidak berpengaruh terhadap struktur modal, hipotesis ketiga menunjukan bahwa struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Profitabilitas, Ukuran perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.