PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP BIAYA HUTANG DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Penelitian Tahun 2012-2016)

Dhea Tri Sutarti, Rita Andini, Ari Pranaditya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata kelola perusahaan dan penghindaran pajak terhadap biaya hutang dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating (studi kasus perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2016).

            Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur tahun 2012-2016. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t test.  

Pada variabel ukuran dewan komisaris secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap  biaya hutang. Pada variabel ukuran komite audit secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap  biaya hutang. Pada variabel penghindaran pajak secara statistik berpengaruh positif signifikan terhadap  biaya hutang. Pada variabel kepemilikan institusional memoderasi antara ukuran dewan komisaris dengan biaya hutang. Pada variabel kepemilikan institusional memoderasi antara komite audit dengan biaya hutang. Pada variabel kepemilikan institusional memoderasi antara penghindaran pajak dengan biaya hutang.

Kata kunci : tata kelola perusahaan, penghindaran pajak, kepemilikan institusional, biaya hutang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.