PENGARUH SANKSI PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN P2 DENGAN KONDISI KEUANGAN SEBAGAI PEMODERASI DI DESA DLIMOYO

Erna Sulviana, Patricia Dhiana Paramita, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajakbumi dan bangunan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh kondisi keuangan wajib pajak yang berperan sebagai variabel moderating pada hubungan antara sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak dengan kepatuhan wajib pajak.
Populasi dari penelitian ini adalah wajib pajak bumi dan bangunan P2 dan dilakukan dengan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 94 responden dari wajib pajak Bumi dan Bangunan P2 di Dlimoyo.Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanksi perpajakan, kesadaran wajib pajak, berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Selain itu, variabel moderasi yaitu kondisi keuangan wajib pajak tidak memoderasi hubungan antara sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak pada kepatuhan wajib pajak.
Kata kunci : Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kondisi Keuangan, Kepatuhan Wajib Pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.