PENGARUH EPS, CR, DER DAN PBV TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015

Liya Ariyani, Rita Andini, Edi Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh EPS, CR, DER dan PBV terhadap harga saham dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015).
Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2015 sebanyak 143 perusahaan. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling diperoleh 33 perusahaan.Variabel independen yang digunakan adalah EPS, CR, DER dan PBV sedangkan variabel dependen adalah harga saham. Dalam penelitian juga menggunakan variabel intervening yaitu kebijakan dividen melalui Dividend Payout Ratio (DPR).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa EPS dan PBV berpengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen, DER berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen sedangkan CR tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kebijakan dividen. EPS dan PBV berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham, DER berpengaruh signifikan negatif terhadap harga saham sedangkan CR tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap harga saham.Kebijakan dividen mampu memediasi EPS, CR, DER dan PBV terhadap harga saham.
Kata kunci : EPS, CR, DER, PBV, harga saham, kebijakan dividen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.