PENGARUH LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Strudi kasus pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2016)

Nilawati Dewi, Rita Andini, Edi Budi Santoso

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel likuiditas dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan variabel struktur modal sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Propertydan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 dengan jumlah 10 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling.Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan struktur modal. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Likuiditas dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Likuiditas dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal.
Kata kunci : Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan, Struktur Modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.