PENGARUH LIKUIDITAS DAN PERMODALAN KOPERASI TERHADAP SISA HASIL USAHA (SHU) DENGAN JUMLAH ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KOPERASI SERBA USAHA AL-USWAH KARANGJATI

Nislatul Mila, Patricia Dhiana Paramita, Hartono Hartono

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh perkembangan SHU pada koperasi serba usaha Al-Uswah meningkat namun perkembanganya justru mengalami penurunan pada periode 2012-2016. Tujuan penelitian ini adalah meneliti bagaimana pengaruh likuiditas terhadap sisa hasil usaha, bagaimana pengaruh perrmodalan terhadap sisa hasil usaha, mengetahui bagaimana pengaruh likuiditas dan permodalan koperasi secara simultan terhadap sisa hasil usaha, mengetahui bahwa jumlah anggota koperasi memoderasi pengaruh likuiditas terhadap sisa hasil usaha dan jumlah anggota koperasi memoderasi pengaruh likuiditas terhadap sisa hasil usaha.
Sampel peneltian ini adalah data laporan keuangan pada Rapat Anggota Tahunan dari tahun 2012 -2016. Metode pengumpulan data dengan berdasarkan data yang telah ada pada sumber data sekunder. Langkah selanjutnya setelah semua variabel diukur adalah menganalisis data dan uji asumsi klasik sebagai syarat uji regresi yaitu dengan multikolinieritas, heteroskedastisitas, normalitas, dan autokorelasi, dilanjutkan dengan uji kelayakan model dengan Goodness and Fit (uji t, F dan koefisien determinasi R2) dan terakhir dengan regresi linier bertahap dengan variabel moderating.
Hasil penelitian menunjukkan dengan analisis uji t maka tidak terdapat pengaruh yang positif antara likuiditas terhadap SHU,namun terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada permodalan terhadap SHU sebesar 89,4%. Sedangkan dengan analisis uji F, likuiditas dan permodalan dapat secara simultan berpengaruh terhadap SHU sebesar 92,6%. Selanjutnya dengan analisis regresi linier bertahap, jumlah anggotayang memoderasi likuiditas dan permodalan terhadap SHU memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sehingga disimpulkan dengan variabel jumlah anggota sebagai variabel moderating dapat meningkat persentase pengaruhnya terhadap SHU.
Kata Kunci: Likuiditas, Permodalan, SHU, Anggota, Variabel Moderating


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.