PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM SERTA STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Textile Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015)

Siti Solechah, Rita Andini, Hartono Hartono

Abstract


Perubahan selera konsumen yang bervariasi akan menyebabkan perputaran laba menjadi fluktuatif dan perputaran arus kas pun juga akan lebih fluktuatif. Selera konsumen juga akan berpengaruh pada perubahan penjualan yang fluktuatif juga. Kondisi yang tidak stabil ini bisa jadi berdampak pada harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh komponen arus kas dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham serta struktur modal sebagai variabel intervening.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2015 yang berjumlah 143 perusahaan. Sampel perusahaan manufaktur bidang industri textile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010-2015 yang berjumlah 6 perusahaan. Jumlah sampel yang diambil dalam peneliitian ini ditentukan melalui metode purposive sampling.
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat diketahui bahwa : (1) Variabel arus kas aktivitas operasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal, (2) Variabel arus kas aktivitas investasi, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap struktur modal, (3) Variabel arus kas aktivitas pendanaan tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, (4) Variabel arus kas aktivitas operasi, pertumbuhan penjualan, struktur modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, (5) Variabel arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham, (6) Variabel arus kas aktivitas operasi, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham melalui struktur modal, (7) Variabel arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan tidak berpengaruh signifikan dan negative terhadap harga saham melalui struktur modal.
Kata Kunci: ArusKasAktivitas Operasi, Arus Kas Aktivitas Investasi, Arus Kas Aktivitas Pendanaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal, Harga Saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.