THE INFLUENCE MECHANISM OF CORPORATE GOVERNANCE ON FIRM VALUE WITH PROFITABILITY AS INTERVENING VARIABLES (Study Manufacturing Companies Indecs 2015-2017)

Slamet Zizi Viriyah, Patricia Dhiana Pranaditya, Ari Pranaditya

Abstract


Perusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Good Corporate Governance dan profitabilitas merupakan upaya untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap nilai pemsahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah pemsahaan Manufakture yang terideks Sri Kehati dengan periode pengamatan 2015-2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel perusahaan. Good Corporate Governance diukur dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit, profitabilitas diukur dengan Return On Asset (ROA) dan nilai pemsahaan diukur dengan Tobins Q (Q).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan profitabilitas berpengamh positif signifikan terhadap nilai pemsahaan, kepemilikan manajerial dan komite audit berpengamh terhadap nilai pemsahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas tidak dapat memediasi pengamh good corporate governance terhadap nilai pemsahaan.
Kata Kunci : Good Corporate Governance, Profitabilitas, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.