ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) UNTUK MENCAPAI KELANCARAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada CV.CYNTHIA BOX Kudus)

Wachid Luthfi, Edi Budi Santoso, Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah pembelian bahan baku paling efisien untuk mencapai kelancaran Produksi, menganalisis jumlah frekuensi pembelian bahan baku, menganalisis jumlah persediaan pengaman (safety stock), menganalisis pemesanan kembali bahan baku dan menganalisis biaya total persediaan bahan baku untuk mencapai Kelancaran Produksi.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. CYNTHIA BOX, sedangkan sampel yang dipakai adalah staff admin. Pengambilan data diperoleh dari data primer yang berasal dari perusahaan, serta data sekunder yang berasal dari luar perusahaan tapi masih terkait dengan masalah penelitian seperti dari penelitian terdahulu.
Penghemtan yang dihasilkan dengan metode EOQ (Economic Order Quantity) jika diterpkan di perusahaan pada tahun 2014-2016 sebesar Rp. 209.946.622. Dengan penerapan Metode EOQ perusahaan dapat meminimalkan terjadinya Out Of Stock sehingga tidak mengganggu proses produksi dan dapat menghemat biaya persediaan yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan.Dengan menggunakan metode ini maka perusahaan dapat lebih menekan seminimal mungkin.
Kata kunci : Economic Order Quantity (EOQ), Reorder Point (ROP), Persediaan Pengaman (safety stock), Maximum Inventory dan Kelancaran Produksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.