WAHANA EDUKASI IPA DAN TEKNOLOGI SEMARANG Dengan Pendekatan Desain Arsitektur Tropis

Tri Suci Handayani, Iwan Priyoga, Mutiawati Mandaka

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu tolak ukur berkembangnya suatu bangsa. Untuk meningkatkan pengetahuan iptek di Indonesia, pemerintah telah mengambil sikap dengan mengeluarkan Keputusan Menteri No.75/M/Kp/IX/2001 tentang kebijakan pembudayaan iptek melalui pembangunan sarana ilmu pengetahuan dan teknologi di Daerah. Sarana ini merupakan sarana pendukung kegiatan belajar diluar sekolah yang memperkenalkan iptek secara mudah dan menarik melalui kegiatan peragaan interaktif. Kota Semarang merupakan salah satu pusat pendidikan di Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya sarana pendidikan luar sekolah di Semarang sangat minim. Oleh karena itulah dibutuhkan wahana edukasi IPA dan Teknologi di Semarang. Perancangan menggunakan konsep arsitektur tropis ini diharapkan dapat menciptakan sarana pendidikan luar sekolah yang mempertimbangkan aspek lingkungan fisik, lingkungan sosial, iklim serta pencapaian kesatuan arsitektural dan struktural.
Kata Kunci : Wahana Edukasi Iptek dan Teknologi, Arsitektur Tropis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.