MIXED USE BUILDING DI CIREBON DENGAN PENEDEKATAN ARSITEKTUR MODERN MINIMALIS (MIXED USE BUILDING IN CIREBON WITH A MINIMALIST MODERN ARCHITECTURAL APPROACH)

Burhanudin Burhanudin, Gatoet Wardianto, Mutiawati Mandaka

Abstract


Abstrak

Salah satu solusi semakin berkembangnya kota Cirebon dalam hal mengatasi kebutuhan terhadap hunian dan perbelanjaan di Cirebon  adalah dengan mixed use building. Konsep yang dipakai dari mixed use building ini adalah untuk menghasilkan gaya hidup modern dengan cara memfasilitasi area ruang terbuka hijau untuk melakukan aktifitas. Adapun pemilihan lokasi mixed use building di pusat kota yang sudah padat, mahal dan berpolusi tidak disarankan. Lokasi yang dipilih untuk mixed use building ini adalah daerah  jalan Kalijaga Cirebon Jawa Barat yang memiliki sejuk merupakan daerah berkembang yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di kota Cirebon. Dengan kemudahan akses Jalan Kalijaga yang mudah dicapai dari segala arah, maka daerah Kalijaga ini dianggap memenuhi kriteria untuk pendirian mixed use building. Adapun bangunan ini menggunakan pendekatan arsitektur modern minimalis. Dipilihnya pendekatan arsitektur modern dengan konsep dua tower, diharapkan akan menampilkan bentuk bangunan yang memiliki nilai estetis tinggi. Dengan area yang sejuk akan menambah kenyamanan untuk tempat tinggal dan perbelanjaan. Kekhasan yang mencolok pada mixed use building ini adalah terdapat aneka fasilitas kegiatan yang dengan mudah diakses.

Kata kunci: mixed use building, arsitektur modern.

 

Abstract

One solution to the growing city of Cirebon in addressing the need for housing and shopping in Cirebon is by building a mixed use building. The concept used from this mixed use building is to create a modern lifestyle by providing green open space for activities. The selection of mixed use building locations in the city center that is already full of commercial, expensive and polluted areas is not recommended. The location chosen for the mixed use building is the area of Kalijaga Street, Cirebon, West Java, which has a cool climate, is a developing area which is the center of new economic growth in the city of Cirebon. With the easy access to Kalijaga Street, which is easily accessible from all directions, the Kalijaga area is considered to meet the criteria for the establishment of a mixed use building. The building uses a minimalist modern architectural approach. The choice of a modern architectural approach with the concept of two towers is expected to feature a building that has a high aesthetic value. With a cool area that will add comfort to residence and shopping. The outstanding characteristic of this mixed use building is that there are various facilities that are easily accessed.

Keywords: mixed use buildings, modern architecture.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.