PONDOK PESANTREN MODERN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI KABUPATEN SEMARANG (MODERN BOARDING HOUSEHOLDS WITH MODERN ARCHITECTURE APPROACH IN SEMARANG DISTRICT)

Alfi Rahmawati, Mutiawati Mandaka, Gatoet Wardhianto

Abstract


Abstrak

Perkembangan pesantren pada saat ini dirasa cukup tinggi dengan banyak bermunculannya pondok-pondok baru di Jawa Tengah. Kabupaten Semarang merupakan salah satu lokasi yang potensial untuk pembangunan pondok pesantren. Mengingat mayoritas penduduknya yang beragama Islam dan jumlah anak yang bersekolah juga cukup tinggi. Pendidikan yang diajarkan di pondok-pondok pesantren merupakan Pendidikan yang dasarnya agama Islam. Akan tetapi untuk mengikuti perkembangan zaman tidak hanya dibutuhkan Pendidikan agama saja melainkan juga diperlukan pengetahuan umum yang dapat digunakan untuk bekal menghadapi kehidupan di luar pondok pesantren. Pondok Pesantren Tradisional masih cukup diminati oleh masyarakat sekitar namun seiring dengan perkembangan zaman dibutuhkan suasana baru dalam desain pondok pesantren modern. Tujuan perancangan pondok pesantren modern ini adalah untuk memberikan suasana baru dalam desain pondok pesantren. Dan dengan pendekatan arsitektur modern dan mengambil konsep nilai-nilai Islam diharapkan akan memunculkan desain pondok pesantren yang modern dan memberikan warna baru dalam perkembangan pondok pesantren.

Kata Kunci : Pondok Pesantren, Arsitektur Modern

 

Abstract

The development of pesantren at this time is considered quite high with the emergence of many new lodges in Central Java. Semarang Regency is one of the potential locations for the construction of Islamic boarding schools. Considering the majority of the population is Muslim and the number of children attending school is also quite high. Education that is taught in Islamic boarding schools is an education that is basically Islamic. However, to keep up with the times is not only needed religious education but also requires general knowledge that can be used to prepare for life outside the boarding school. Traditional Islamic boarding schools are still quite attractive to the surrounding community but along with the times needed a new atmosphere in the design of modern boarding schools. The purpose of designing this modern boarding school is to provide a new atmosphere in the design of boarding schools. And with a modern architectural approach and taking the concept of Islamic values, it is expected to bring up modern boarding school designs and provide a new color in the development of boarding schools.

Keywords: Islamic Boarding School, Modern Architecture


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.