PERANCANGAN PUSAT REHABILITASI NARKOTIKA DI YOGYAKARTA (Dengan pendekatan konsep Arsitektur Tropis)

Suwarto, Iwan Priyoga, Yohanes Dicky Ekaputra

Abstract


Peredaran dan penyalahgunaan narkotika serta obat terlarang menjadi persoalan yang memprihatinkan. Persoalan tersebut sudah mengancam kehidupan generasi penerus bangsa, bahkan menjadi permasalahan global yang sudah menjadi ancaman serius dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak terkecuali di Indonesia. Peningkatan jumlah pengguna dari tahun ke tahun selalu signifikan. Narkotika dan obat terlarang juga telah masuk ke semua institusi dan kalangan. Apabila tidak ditangani secara serius dan komperhensif, Indonesia akan mengalami kehilangan generasi.

Provinsi D.I Yogyakarta yang dapat dikatakan tidak terlalu sering muncul dalam pemberitaan akan kasus narkotika dan obat terlarang justru menduduki peringkat kelima nasional dalam hal penggunaan narkotika dan obat terlarang setelah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan  DKI Jakarta. (sumber: m.depokinteraktif.com Jumat 26 Oktober 2012, diakses tanggal 20 Mei 2014).

Provinsi D.I Yogyakarta yang terletak di jalur pendistribusian barang ke seluruh pulau Jawa menjadi faktor tersendiri banyaknya kasus narkotika dan obat terlarang. Korban penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang di D.I.Y rata-rata adalah usia produktif antara umur 26-40 tahun dan bahkan telah merambah pada anak pelajar, yang jumlahnya semakin mengkhawatirkan dari hari ke hari. Hal ini jika dibiarkan tentu akan merusak kehidupan generasi muda bangsa Indonesia

 

Kata Kunci : Gunbahan masa, sirkulasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.