PENGARUH KEJENUHAN, PEMBERIAN INSENTIF FINANCIAL DAN PEMBERIAN INSENTIF NON FINANCIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. DUTA PRIMA SEMARANG

Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Dalam perusahaan atau organisasi kinerja karyawan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam kelangsungan berorganisasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya kejenuhan karyawan, pemberian insentif financial dan pemberian insentif non financial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh kejenuhan terhadap kinerja karyawan CV. Duta Prima. ? Apakah ada pengaruh pemberian insentif financial terhadap kinerja karyawan CV. Duta Prima ? Apakah ada pengaruh pemberian insentif non financial terhadap kinerja karyawan CV. Duta Prima ? Apakah ada pengaruh secara simultan kejenuhan, pemberian insentif financial dan pemberian insentif non financial terhadap kinerja karyawan CV. Duta Prima ?
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Duta Prima Semarang berjumlah 30 karyawan. Teknik pengambilan sampel adalah sensus, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 karya wan pada CV. Duta Prima Semarang. Metode Analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda (uji t dan uji F).
Hasil analisis dengan alat bantu statistik program SPSS Ver 17,0 diperoleh Persamaan regresi linier berganda hasil penelitian adalah Y = 3.549 - 0,142.X1 + 0,501. X2 + 0,492. X3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t. hitung untuk masing – masing variabel bebas ( variabel kejenuhan kerja t hitung – 2.444, variabel Insentif Financial t.hitung = 3.968, dan variabel t hitung Insentif Non Financial t hitung = 3.922 dimana taraf signifikansinya kurang dari 0.05, dimana dapat diartikan pula bahwa t hitung atau t observasi lebih besar dari t. tabel (1.7033), berarti menolak Ho dan menerima Ha. Sedangkan variabel independen terdiri dari Kejenuhan kerja (X1), Pemberian Insentif Financial, (X2), Pemberian Insentif Non Financial (X3), dan variabel dependennya adalah Kinerja karyawan (Y) Pengaruh ketiga variabel teresebut positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil nilai F-hitung sebesar 90.234 > F tabel 2,96. sedangkan besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,905 atau 90.5 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 0,95 atau 9,5 %. dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Dari hasil analisa diatas dapat disimpulkan bahwa variabel kejenuhan kerja, pemberian insentif financial dan pemberian insentif non financial terhadap kinerja karyawan, mempunyai pengaruh yang sangat kuat sedangkan yang paling dominan adalah lingkungan. Dengan demikian dari pihak CV. Duta Prima dapat menurunkan kejenuhan yang dialami oleh para karyawan didalam melaksanakan pekerjaan, dan bisa memberikan kenaikan gaji atau tambahan tunjangan sesuai tingkat jabatan karyawan lebih agar lebih memadai lagi dari pada tahun-tahun sebelumnya. Pemberian uang lembur atau insentif lembur kepada karyawan yang melakukan kegiatan di luar jam kerja.
Kata Kunci: Kejenuhan kerja (X1), Pemberian Insentif Financial, (X2), Pemberian Insentif Non Financial (X3) dan Kinerja karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.