PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI RANTAI PASOK DAN RANTAI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA DI SENTRA TAHU KAMPUNG TEMATIK LAMPER TENGAH SEMARANG

Djamaludin Malik

Abstract


Pengetahuan pengelolaan Sistem Informasi melalui pengenalan penggunaan model Supply Chain Management (SCM) serta pengenalan model Customer Relationship Management (CRM) bagi pelaku usaha Tahu Gumregah Kampung tematik Lamper Tengah Semarang Barat menjadi kendala utama dalam peningkatan produktivitas usaha tersebut. Penyerapan pasar tahu di wilayah semarang sangat besar seiring dengan menjamurnya usaha kuliner di Semarang, produknyapun sangat berkualitas namun potensi besar usaha tahu ini belum optimal dikerjakan hal ini disebabkan karena 1) antar wilayah pelaku usaha ini belum menunjukan sinergitas, 2) harga kedelai sebagai bahan baku import sangat fluktuatif serta 3) biaya produksi yang meningkat membuat optimalisasi peningkatan kinerja usaha tahu terkendala. Fokus saat ini adalah memperluas potensi bisnis yang sudah mapan pasarnya dengan meningkatkan pola pengelolaan rantai pasok serta penajaman rantai niaga usaha tahu tersebut.
Sistem informasi tentang pengelolaan rantai pasok dan rantai nilai ini dapat digunakan untuk pelaku usaha tahu tempe sebagai peluang memperluas potensi jaringan pasar dan mengefektifkan operasionalisasi kerja usaha serta dapat meminimkan biaya produksi hingga pelaku usaha tahu bisa berkompetisi dengan baik.
Kemampuan merumuskan strategi baru pengembangan usaha tahu dengan menggunakan konsep Manajemen Rantai Pasok (SCM) yang diharapakan bisa mengoptimalkan penggunaan bahan baku, jaringan distribusi, serta memaksimalkan persaingan dan keuntungani. Selain itu dari model kemitraan ditekankan model system informasi aplikative ke Pelanggan (Customer Relationship Management (CRM) yang diharapkan penanganan nilai lebih di mata pelanggan. Nilai lebih di mata pelanggan akan menguatkan potensi berkembang ke pasar yang lebih luas serta target pasar yang lebih loyal.
Keyword : Supply Chain Management (SCM), Customer Relationship Managemenen (CRM), Mitra


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.