PEMBELAJARAN MODEL THINK TALK WRITE PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SARU VARIABEL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PONTIANAK

Suriyana Suriyana

Abstract


Tujuan penelitin ini untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh pembelajaran model think talk write terhadap hasil belajar materi persamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen denganbentuk guasi-eksperimen. Rangcangan yang digunakan adala Only Posttest Countrol Group Designs. Populasi penilitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pontianak tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah 2 kelas siswa kelas VII yang dipilih secara acak dari empat kelas yang tersedia menggunakan teknik Sampling. Hipotesis penelitian adalah ‘Hasil belajar siswa yang diberikan pemmebelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan hasilbelajar siswa yang diberikan pembelajaran konvesional maeri Persamaan Linear Satu Variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pontianak’. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, observasi langsung, dan komunikasi tak langsung. Alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar , lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U- Test. Hasil dari pengolahan data dalam penelitian ini bahwa hasil belajar siswa yang diberikan pemebelajaran menggunakan model Think Talak Write dengan materi persamaan linear satu variabel sebesar 20,84 (skala 0- 30 ) dengan standar deviasi 7,03. Hasil belajar dengan menggunakan model konvesional materi persamaan linear satu variabel sebesar 9,29 (skala 0 – 30 dengan standar deviasi 3, 82. Aktivitas belajar setelah diterapkan pembelajaran model think talk write dengan materi persamaan linear satu variabel cukup efektif sedangakah hasil respon siswa terhadap pembelajaran model Think Talak Write dengan hasil angket bahwa
Kata Kunci : LKS berbasis masalah, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.