ANALISIS PERSONAL VALUES TERHADAP SHOPPING ORIENTATION PADA PENGUNJUNG SWALAYAN ADA SETIABUDI SEMARANG

Cicik Harini, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Sebagai hasil penelitian antara budaya, nilai-nilai, dan perilaku konsumen, pengujian
orientasi belanja yang psychographic adalah gaya yang baik untuk memahami
perilaku belanja. Berbagai studi sudah fokus atas penggolongan dari orientasi belanja
pada konsumen dari perbedaan perspektif, tetapi beberapa studi sudah menyelidiki
hubungan antara personal value dan orientasi belanja. Tujuan penelitian ini meneliti
nilai-nilai pribadi dari pengunjung suatu mall atau suatu pusat perbelanjaan yang
dapat mempengaruhi orientasi berbelanja. Populasi adalah pengunjung ADA
Swalayan Cabang Setyabudi Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 96.
Pengujian hipotesa dengan regresi menunjukkan bahwa terminal values mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap shopping orientation dan instrumental values
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap shopping orientation. Hasil penelitian
ini memberikan masukan pihak manajemen Ada Swalayan akan pentingnya
pemahaman personal values dari tiap pengunjung sebagai faktor penentu sikap dan
perilaku konsumen yang akan berdampak pada orientasi belanja tiap individu
sehingga dapat meningkatkan performance value Ada Swalayan.
Kata Kunci : personal value, terminal values, instrumental values, shopping
orientation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.