PERAN ENTERPRENEUR BATIK SEMARANG DALAM MENGANGKAT KEUNGGULAN LOKAL MENYAMBUT MEA 2015

Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Indonesia memiliki nilai lebih dari segi pangsa pasar serta sumber daya manusia menjawab banyaknya kalangan yang meragukan kesiapan Indonesia dalam menghadapi
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Ada beberapa faktor yang dianggap sebagai
kendala Indonesia untuk menyambut MEA 2015di antaranya adalah SDM yang belum siap. Dikhawatirkan SDM akan kalah bersaing di tengah mudahnya tenaga kerja asing yang lebih terampil masuk ke dalam negeri. Hal ini dapat memicu meningkatnya jumlah pengangguran. Kendala yang kedua belum adanya persiapan yang memadai yang dilakukan pemerintah dan kendala ketiga adalah belum adanya sosialisasi sehingga sedikit masyarakat yang melakukan persiapan dalam menyongsong MEA 2015. Menyiasati hal ini, maka peluang menjadi wira usaha sangatlah besar. Salah satunya dengan mengangkat potensi daerah di mana di negara-negara Asia Tenggara tidak memilikinya. Salah satunya adalah dengan mengangkat potensi batik di Semarang sehingga bisa bersanding dengan keunggulan global. Kedua hal di atas yaitu keunggulan lokal dan keunggulan global, tak bisa lepas dari life skill.Komunikasi pemasaran potensi daerah atau keunggulan lokal kota Semarang dalam hal ini batik semarangan khas Meteseh, jika dipasarkan sesuai dengan kebutuhan pasar konsumen tanpa menggunakan sarana yang potensial untuk pemasarannya adalah hal yang mustahil mendatangkan hasil yang optimal. Dan salah satu inovasinya dengan melakukan promosi penjualan terdiri dari semua kegiatan pemasaran, selain penjualan pribadi, iklanmelalui web dan blog yang merangsang pembelian konsumen global. Promosi penjualan biasanya merupakan alat jangka pendek yang digunakan untuk merangsang peningkatan permintaan secepatnya. Sasaran promosi penjualan biasanya lebih mempengaruhi perilaku dibandingkan dengan sikap. Pembelian segera adalah tujuan dari promosi penjualan, terlepas bentuk apa pun yang diambil. Karena itulah, kelihatannya lebih masuk akal ketika merencanakan suatu kampanye promosi penjualan untuk target pelanggan sehubungan dengan perilaku umum.Tujuan utama promosi adalah memberi informasi, menarik perhatian dan memberikan pengaruh meningkatnya penjualan.
Key Words: enterpreneur, keunggulan lokal, komunikasi pemasaran, konsumen global.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.