PENGARUH STIMULUS STORE ENVIRONMENT TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOTIONAL RESPONSE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pembeli di Giant Penggaron Semarang)

Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Binis ritel pada saat ini sedang berkembang dengan pesat dengan prospek
yang cerah dan pertumbuhan yang pesat. Stimuli-stimuli dari ritel perlu
ditumbuhkan dengan memperhatikan store environment. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan oleh Sinaga, dkk
(2012) dengan menambah satu variabel yaitu crowding factor..
Metode pengambilan data dengan teknik survai. Populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah pembeli di Giant Penggaron Semarang, dengan jumlah
sampel 160 orang pengunjung dan teknik pengambilan sampelnya adalah
accidental sampling. Setelah melalui tahapan sampel yang layak digunakan
menjadi 109 saja. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation
modeling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa design factor terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response. Ambience factor
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response. Social
factor terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response.
Crowding factor terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional
response. Emotional response terbukti berpengaruh positif dan signifikan
terhadap impulse buying. Design factor merupakan faktor yang paling besar dalam
mempengaruhi impulse buying yang melalui emotional response.
Keyword : Store Environment, Design Factor, Ambient Factor, Social Factor,
Crowding Factor, Emotional Response, and Impulse Buying

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.