PENINGKATAN COMPETITIVE ADVANTAGES PADA UMKM MADU MONGSO KUDUS

Mira Meilia Marka

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor yang menentukan keunggulan bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) madu mongso di Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model fenomenologi yang dianggap mampu memahami fenomena dan kedalaman tentang keunggulan bersaing UMKM. Data primer diperoleh dari informan kunci yang terdiri dari 15 UMKM madu mongso, pemerintah dan akademisi pengamat UMKM. Data sekunder diperoleh dari berbagai publikasi data seperti Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM, Industri dan Perdagangan, dan Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa UMKM mengalami berbagai kendala pada aspek akses permodalan, pemasaran, kompetensi SDM dan teknologi produksi. Untuk membangun keunggulan bersaing UMKM dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak yaitu UMKM sendiri, pemerintah dan masyarakat.
Kata Kunci: akses permodalan, pemasaran, kompetensi SDM, teknologi produksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.