Penggunaan Media Bola-Bola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Molekul Bagi Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Rowosari Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

Suyanto Suyanto

Sari


Proses pembelajaran di SMAN 1 Rowosari sering kurang mendapat perhatian. Hal ini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar kimia. Pada akhirnya berakibat rendahnya hasil belajar kimia khususnya Bentuk Molekul. Media khususnya media bola-bola memungkinkan sebagai salah satu solusi pemecahan permasalahan tersebut. Untuk itu dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses peningkatan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018? (2) Seberapa besar media pembelajaran bola-bola dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018? (3) Seberapa besar media pembelajaran bola-bola dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses peningkatan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mengetahui seberapa besar media pembelajaran bola-bola dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran kimia khususnya materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui perubahan perilaku pada siswa pada pembelajaran menggunakan media bola-bola untuk materi Bentuk Molekul pada siswa XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal. Hal ini sesuai dengan tugas mengajar yang beralamat di jalan Bahari Km 5 Rowosari Kabupatern Kendal. Penelitian telah dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 Jangka waktu penelitian 4 bulan yaitu pada minggu keempat bulan Juli sampai dengan minggu kelima bulan Oktober 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Dan penelitian ini akan dilakukan 2 siklus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan tes.Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi data, membandingkan data dengan data lain, yaitu prasiklus, siklus II, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Media pembelajaran bola-bola dapat mengakibatkan belajar siswa lebih menarik menumbuhkan motivasi, lebih bermakna, mengurangi verbalisme, dan siswa lebih aktif sehingga hasil pembelajaran Bentuk Molekul meningkat. (2) Dengan media pembelajaran bola-bola dapat meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran kimia khususnya Bentuk Molekul pada siswa kelas XI IPA1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 meningkat. Nilai rata-rata meningkat dari 42 menjadi 69 pada siklus I dan menjadi 79 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar 8% mencapai KKM pada kondisi awal dan meningkat menjadi 42% pada siklus I dan menjadi 88% pada siklus II. (3) Perubahan tingkah laku atau karakter berubah saat pembelajaran menggunakan media bola-bola untuk materi Bentuk Molekul pada siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Rowosari semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 menjadi lebih baik.Kata Kunci : hasil belajar, media bola-bola, Bentuk Molekul, perilaku.Penggunaan Media Bola-Bola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk MolekulBagi Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Rowosari Semester ITahun Pelajaran 2017/2018

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.