Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Aritmatika Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Kelas VIIE SMPN 2 Gubug Semester 1 Tahun 2015/2016

Bustanul Arifin

Sari


Pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru sebagai inovator pembelajaran dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika dan juga peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP sangat diperlukan sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa dan kinerja siswa rendah, baik proses maupun produk belajarnya khususnya materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus.
Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 69,59, dan jumlah siswa tuntas masih 78,85%. Siklus II indikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 75, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85%, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan karena siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran yang diterapkan guru. Lembar observasi guru menunjukkan guru sudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasil refleksi, guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik dan semua indikator sudah tercapai pada siklus II.
Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.