PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI (ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN) PADA MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. INTISEL PRODAKTIFAKOM

Arief Sudamono, Rekno Sulandjari

Sari


Komunikasi sangat penting bagi karyawan karena dengan adanya komunikasi segala sesuatu masalah akan lebih mudah dipecahkan atau dicarikan solusi atau jalan keluar dari permasalahaan tersebut, dengan adanya komunikasi yang baik maka diharapkan karyawan dapat bekerja secara maksimal. Kinerja yang maksimal sama dengan peningkatan semangat kerja karyawan. Jika terjalin komunikasi yang baik antara atasan dan karyawan, semangat kerja karyawan pun akan mudah tercipta, sehingga akan sangat mudah pula bagi perusahaan untuk mencapai tujuan. Untuk menyampaikan informasi kepada bawahan dapat dilakukan dengan berbagai metode Arni (2007;114) mengatakan empat klasifikasi metode untuk itu yaitu : metode lisan, tulisan, gambar dan campuran dari lisan-tulisan dan gambar. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa komunikasi antarpersonal antara karyawan dengan atasan di lingkungan PT. Intisel Prodaktifakom dominan dalam kategori tinggi, dimana 60% dari 40 responden dapat melakukan komunikasi interpersonal secara efektif, sedangkan motivasi kerja dominan tinggi, dimana 72,5% dari 40 responden merasakan timbulnya motivasi kerja yang dimiliki karyawan. Berdasarkan analisa tabulasi silang diketahui, bahwa peran komunikasi antarpersonal yang tinggi terhadap motivasi kerja karyawan PT. Inisel Prodaktifakom yang juga tinggi sebesar 45% sedangkan peran komunikasi antarpersonal yang sedang terhadap motivasi kerja karyawan PT. Intisel Prodaktifakom yang juga tinggi sebesar 27,5%. Sehingga disimpulkan terdapat hubungan positif antara variabel X pada variable Y.
Kata Kunci : Komunikasi, Antar Persona, Motivasi, Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.