PENINGKATAN HASIL BELAJAR CONDITIONA SENTENCES MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XII MIPA 4 SMA NEGERI 1 WELERI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sri Pujiastuti

Sari


Kemampuan siswa dalam memahami wacana teks, merupakan masalah tersendiri bagi siswa dalam mengikuti berbagai tes latihan Ujian Nasional maupan Ujian Nasional. Mengingat bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang di UN kan, meskipun bukan merupakan syarat kelulusan bagi siswa kelas XII. Penelitian ini bermaksud menemukan metode yang bisa menjawab bagaimana proses peningkatan hasil belajar, hasil belajar dan perubahan perilaku belajar siswa melalui penggunaan media lagu. PTK ini menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian hasil belajar conditioal sentences. Siswa kelas XII IPA 4 SMAN 1 Weleri Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitihan: 1) Proses pembelajaran menjadi lebih bermakna,2) Peningkatan hasil belajar menjadi 88 % yang tuntas, 3) Perubahan perilaku siswa menjadi aktif dan terampil.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) proses pembelajaran conditional sentences menggunakan media “lagu” berlangsung secara efektif, karena bermakna bagi siswa, 2) besarnya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media “lagu” dari nilai rata –rata terendah 57 % pada kondisi awal meningkat menjadi 71 % pada siklus I dan mencapai 88 % pada siklus II, proses belajar juga mengalami peningkatan dari tidak efektif menjadi sangat efektif. Setelah menggunakan media “lagu ” nampak jelas bahwa hasil belajar siswa sangat tinggi yang sebelumnya rendah. Peningkatan hasil belajar tersebut berdampak pada proses pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan akibatnya suasana pembelajaran menjadi kondusif, siswa dapat belajar dengan berbuat, tidak pasif, serta belajar lebih bermakna.
Kata Kunci : Peningkatan, Hasil belajar, Conditional Sentences, lagu, Tindakan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.