PELUANG USAHA MELALUI BISNIS KOMPOS DI KELURAHAN TEMBALANG KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

Retno Djohar Juliani

Sari


Berwirausaha kadang- kadang hanya bermula dari bisnis yang sederhana yang pada mulanya tidak terbayangkan apabila dapat memberi tambahan pendapatan yang pada akhirnya justru dapat menjadi usaha yang menjadi gantungan hidup banyak orang. Berbagai potensi dapat digarap sebagai lahan untuk berwirausaha sehingga dapat membuka jalan apabila akan menjadi pengusaha, bukan hanya pengusaha yang peduli terhadap perkembangan bisnisnya, tetapi pengusaha yang mempunyai sikap peduli dan ikut menjaga lingkungan serta masyarakat di sekitarnya.
Pupuk kompos dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, karena berkaitan erat dengan produktivitas tanaman dan berpengaruh terhadap hasil panennya. Apalagi negara kita adalah negara agraris maka kebutuhan akan pupuk tidak akan pernah hilang alias prospeknya sangat baik karena pupuk berfungsi untuk menyuburkan tanaman. Selain itu negara kita juga berhawa tropis sehingga sangat mendukung proses pembuatan pupuk tanaman khususnya pupuk kompos atau pupuk organik/alami yang berbahan dasar dari limbah sayuran/ kulit buah, daun- daunan dan kotoran ternak.
Di Kelurahan Tembalang sebagian besar masyarakatnya memelihara hewan ternak, dimana kotoran hewan ternak tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos. Selama ini kotoran hewan ternak belum dimanfaatkan bahkan hanya dibuang di tempat sampah sehingga menimbulkan bau dan mengundang lalat sehingga menimbulkan pencemaran bau. Oleh karena itu melalui kegiatan penyuluhan dalam pengabdian kepada masyarakat ini, maka limbah sampah sayuran atau daun- daunan dengan kotoran ternak yang dianggap tidak berguna ini akan diubah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman produktif di halaman rumah sendiri maupun dapat dijual dalam kemasan plastik sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.
Kata kunci : peluang usaha, bisnis kompos


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.