Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI TKR I SMK Negeri 5 Semarang Pada Materi Larutan Asam dan Basa Tahun Pelajaran 2015/2016

Sunarti Sunarti

Sari


Masalah dalam PTK ini adalah aktivitas belajar masih rendah dan hasil
belajar belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah
melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan hasil belajar kognitif Kimia. Penelitian ini dilakukan di SMK
Negeri 5 Semarang di kelas X TKR 1 tahun pelajaran 2015-2016. Pengumpulan data
menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi dengan desain 2 siklus. Hasil
penelitian diperoleh 1) Aktivitas belajar meningkat, ditunjukan dengan kemampuan
bertanya, menjawab pertanyaan dan aktif berdiskusi 2)Hasil belajar kognitif
meningkat, diperoleh aktivitas belajar siswa naik dari 58 % menjadi 96,3 % dan
hasil belajar kognitif sebelum tindakan 38,3% menjadi 50% pada siklus I, dan
menjadi 85,3 % pada siklus II.
Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar Kognitif, Problem Based
Learning


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.