Pengaruh Model Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Pelajaran IPS Materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan di Negera-Negara ASEAN Pada Siswa Kelas VIII A Semester Gasal SMP Negeri 2 Kedungjati Tahun Pelajaran 2018/2019

Ruti Wahyuningsih

Sari


Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada
pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara
alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” sendiri apa yang
dipelajarinya, bukan ‘mengetahui’-nya. Pembelajaran yang berorientasi target
penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek,
tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan
jangkan panjang.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar IPS dengan diterapkannya metode belajar aktif model
coopertive script?. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui
pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap peningkatan prestasi
belajar IPS, setelah dan sebelum diterapkannya metode belajar aktif model
pengajaran cooperative script.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga
putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A
SMP N 2 Kedungjati semester gasal tahun 2018. Data yang diperoleh berupa hasil
tes formatif.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan rata – rata kelas dari kondisi awal sampai dengan siklus 2. yaitu,
kondisi awal (51,95), siklus 1 (70,34), siklus 2 (78,84). Sedangkan simpulan dari
penelitian ini adalah pembelajaran model cooperative script dapat berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar Siswa SMP N 2 kedungjati Kabupaten Grobogan,
serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran IPS.
Kata Kunci: ips, metode, belajar, aktif, model cooperative script


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.