Pembelajaran Model Snowball Throwing Pelajaran IPS Materi Pranata Sosial Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VIII H Semester 2 SMP N 2 Gubug Tahun Pelajaran 2017/2018

Agus Sudarmono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas siswa dalam
pembelajaran IPS, dan (2) hasil belajar IPS materi “Pranata Sosial” bagi siswa
melalui penerapan pembelajaran model Snowball Throwing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam
penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang
digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi
hasil tindakan.
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan: (1) melalui penerapan
pembelajaran model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran IPS materi “Pranata Sosial” bagi siswa kelas VIII H SMP Negeri 2
Gubug pada semester genap tahun 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan
meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran pada setiap siklus tindakan yang
dilakukan, dan (2) melalui penerapan pembelajaran model Snowball Throwing
dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi “Pranata Sosial” bagi siswa kelas VIII
H SMP Negeri 2 Gubug pada semester genap tahun 2017/2018. Nilai rata-rata hasil
belajar siswa mengalami peningkatan dari sebesar 74.57 pada akhir tindakan Siklus
I, meningkat menjadi sebesar 78.29 pada akhir tindakan Siklus II. Ketuntasan
belajar siswa mengalami peningkatan dari sebanyak 22 orang siswa (78.57%) pada
akhir tindakan Siklus I, meningkat menjadi sebanyak 27 orang siswa(96.43%) pada
akhir tindakan Siklus II.Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata
hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang
dilakukan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Snowball Throwing


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.