Literasi Media Massa Dalam Press Release Sebagai Media Mengenalkan Bisnis Baru Home Industri Olahan Kuliner Belimbing Segar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rekno Sulandjari, Sinta Petri Lestari

Sari


Desa Karangsari merupakan salah satu Desa di Kabupaten Demak yang masih
banyak memiliki warga miskin. Potensi yang akan diangkat dari Desa Karangsari
adalah budidaya olahan kuliner belimbing yang bermanfaat bagi kesehatan. Dimana
belimbing merupakan salah satu ikon yang ada di Demak dalam kurun 10 tahun
terakhir. Dengan harapan lebih lanjut mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat
Karangsari melalui usaha pembuatan berbagai makanan kudapan, meningkatkan
jumlah produksi dan pemasarannya melalui media press release. Diharapkan dengan
adanya sarana ini akan mampu menjadikan Desa Karangsari sebagai sentra
penghasil makanan kudapan berbahan dasar buah belimbing yang dikenal seantero
provinsi Jawa Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Tujuan lain yang ingin dicapai adalah adanya keahlian yang dimiliki para
entrepreneur kudapan tersebut dalam membuat press release, sehingga sewaktuwaktu bisa dimanfaatkan untuk dipublikasikan di media massa. Terkait dengan
kegiatan yang dialami oleh para entrepenur ketika memproduksi kudapan dari bahan
dasar buah belimbing. Berdasarkan hasil penelitian hubungan literasi media massa
dalam press release sebagai media mengenalkan bisnis baru home industri olahan
kuliner belimbing segar bermanfaat bagi kesehatan di Kelurahan Karangsari
Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak menghasilksn hubungan yang possitif
dengan hasil sebesar 58%. Pemanfaatan gadged, media on line dan elektronik para
responden sudah sangat terencana, selain dimaksudkan penghematan secara materi
dalam hal kategori penggunaan pulsa/Wi-fi juga penghematan listrik sesuai kapasitas
kemampuan masing-masing responden sudah cukup baik.
Selain itu juga keterbatasan waktu yang dimiliki untuk mengakses media massa
sehari-hari. Sehingga kategorisasi pemahaman akan literasi media warga desa
Karangsari dapat disimpulkan memiliki kategori tinggi yaitu sebesar yaitu 53 % .
Sedangkan 52,39% responden mampu menyiapkan press release secara baik sesuai
news value yang dimiliki potensi desa Karangsari dalam hal ini adalah kelebihan
produksi home industri baru berbahan baku belimbing khas Demak, baik dalam sisi
kemasan produknya, jenis keanekaragam produksi produk kudapannya maupun
warna kudapan yang menarik dan beragam.
Key Words : Literasi, Media Massa, Press Relese, Entrepreneur, Bisnis Baru,
Belimbing


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.