CELEBRITY ENDORSEMENT DI INSTAGRAM STUDI FENOMENOLOGI CELEBRITY ENDORSEMENT PADA BRAND ESCOBAR SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN

Arie Dwi Sugiarto, Diryo Suparto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan
implementasi celebrity endorsement brand Escobar di Escobar. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh
melalui proses wawancara mendalam dan terstruktur dengan owner sekaligus
founder brand Escobar untuk mengetahui fenomena strategi pemasaran dan
celebrity endorsement. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomenologi strategi
pemasaran yang dilakukan oleh Escobar mengacu pada aspek segmenting,
targeting, dan positioning. Produk Escobar disegmentasikan untuk remaja usia
15 – 28 tahun dan memiliki hobi bermusik, berolahraga skateboard dan hang out.
Produk Escobar memiliki spesialisasi produk berupa produk fashion dan lebih
fokus pada jenis kaos, hodie, jumper, dan sling bag, sedangkan positioning,
produk Escobar ingin dikenal sebagai setelan yang pas untuk hang out,
berolahraga skateboard dan bermusik. Penggunaan social media Instagram
karena Instagram dinilai berpotensi menjadi platform e-commerce. Endorser
yang dipilih merupakan pentolan band lokal Mom Is Hero dan Eighteen Plus
serta atlet skateboard Tegal. Para endorser diminta memberikan testimoni
melalui sebuah caption bersamaan foto endorser memakai produk Escobar.
Dalam pemilihan endorser, manajemen Escobar menentukan beberapa kriteria di
antaranya jumlah followers di akun Instagram para endorser minimal sebanyak
1.000 followers, karakteristik yang melekat pada para endorser mewakili brand
image Escobar, serta para endorser dinilai memiliki kecocokan dengan para
konsumennya.

Keywords: Celebrity Endorsement, Segmenting, Targeting, Positioning


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.