MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE TASK AND DISCUSSION SECARA KELOMPOK PADA MATERI PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET GEOMETRI BAGI SISWA KELAS XI TITL 2 SEMESTER 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 DI SMK N 5 SEMARANG

ETY SRIYANI

Sari


Pendidikan yang dilaksanakan akan selalu memunculkan berbagai permasalahan
seiring dengan perkembangan jaman yang semakin meng-global ini. Hal ini
muncul karena tumbuh dari dan di luar diri siswa, sistem pendidikan, guru atau
lingkungan yang terus berubah. Diketahui bahwa di dalam penyelenggaraan
pembelajaran dituntut untuk dapat mengembangkan tujuan dan aspek dasar
pembelajaran, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Ketiga aspek
tersebut akan menjadi terintegratif jika guru dapat melaksanakan dengan utuh dan
baik. Oleh karena itu, bahwa dalam pembelajaran guru dituntut untuk lebih ekstra
mengamati kegiatan pembelajaran bersama siswa agar diketahui kelemahan yang
muncul, sehingga kelemahan tersebut dapat dihilangkan dengan mengembangkan
potensi siswa yang ada dan peningkatan pembelajaran dapat dicapai sesuai
harapan.
Dengan meneliti, akan menyempurnakan dan mengukur proses pembelajaran
oleh guru. Pada penelitian ini, penulis mencoba menggunakan metode Task and
Discussion sebagai upaya meningkatkan pengetahuan siswa di bidang materi dan
konsep barisan dan deret geometri. Melalui materi dan konsep barisan dan deret
geometri. Melalui metode ini, siswa akan sedikit banyak bertambah wawasan ilmu
pengetahuannya . Terkait hal ini, diharapkan siswa dapat termotivasi, terampil,
berekspresi dalam kelompok dengan konsep dan materi barisan dan deret
geometri sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi siswa pada
mapel matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran
matematika melalui metode task and discussion dalam konsep barisan dan deret
geometri baik secara tugas dan diskusi, ingin mengetahui hasil pembelajaran
melalui konsep barisan dan deret geometri dan ingin mengetahui faktor yang
mendukung dan menghambat dalam pembelajaran konsep barisan dan deret
geometri, sehingga dapat memunculkan konsep baru pembelajaran yang berhasil
dan inovatif.
Hasil penelitian peningkatan pembelajaran matematika dengan metode task
and discussion dalam materi konsep barisan dan deret geometri secara diskusi
kelompok bagi siswa terbukti signifikan: (1) dapat meningkatkan pembelajaran
siswa di bidang mapel matematika, (2) ada peningkatan pengetahuan siswa di
bidang matematika sub materi konsep barisan dan deret geometri. (3) terdapat 

faktor dukungan belajar siswa dan hambatan dapat diminimalisir dengan
kedisiplinan belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Metode Task and Discussion, Konsep
barisan dan deret geometri, Kelompok.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.