PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN FREE CASH FLOW TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO DIMODERASI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI IDX TAHUN 2015 – 2018

Patricia Dhiana Paramita, Arditya Dian Andika

Sari


Pada prinsipnya BUMN didirikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. Namun dalam mewujudkan tujuan tersebut ternyata perusahaan BUMN yang terdaftar di IDX pada tahun 2015 – 2018 mengalami permasalahan dimana terjadi fluktuasi pada tingkat DPRnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan struktur kepemilikan dan free cash flow terhadap dividend payout ratio melalui profitabilitas sebagai pemoderasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan dan free cash flow secara parsial dan simultan terhadap dividend cash ratio, untuk mengetahui apakah profitabilitas memperkuat pengaruh struktur kepemilikan dan free cash flow secara parsial dan simultan terhadap dividend payout ratio.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 perusahaan, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana sampel berjumlah 14 perusahaan. Regresi linier 2 tahap dengan MRA digunakan sebagai analisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa struktur modal dan free cash flow secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend payout ratio serta profitabilitas memperkuat pengaruh struktur modal dan free cash flow terhadap dividend payout ratio secara parsial dan simultan.

 

Kata Kunci  : dividend payout ratio, profitabilitas, struktur modal dan free cash flow


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.