UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GODONG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Bambang Setiawan

Sari


Penelitian Tindakan Sekolah ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan kualitas pembelajaran guru di SMP Negeri 1 Godong, Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan oleh Kepala Sekolah melalui supervisi akademik. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dua siklus, mengikuti alur sebagai berikut : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran. yang sebelumnya kurang berhasil dengan prosentase rata-rata 69%. Kemudian setelah diadakan supervisi dan dilaksanakan tindak lanjut,  pembelajaran dengan metode yang berbeda, kualitas pembelajaran guru semakin meningkat dan berhasil dengan prosentase rata-rata 90%.

 

Kata Kunci : Kualitas, pembelajaran guru, supervisi akademik

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.