PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH DENGAN BELANJA MODAL SEBAGAI VARIABEL

Mulkan Teguh Sutrisno, Arif Santoso

Sari


Tujuan penelitian ini adalah  untuk memberikan bukti empiris pengaruh  Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dengan Belanja Modal sebagai variabel intervening pada Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaitif dengan pengujian regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian terbaik. Variabel dalam penelitian ini adalah Pajak Daerah dan Retribusi daerah sebagai variabel independen dan Belanja Modal sebagai variabel dependen.

Jumlah populasi penelitian ini seluruh Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 38 kabupaten dan kota, dengan menggunakan teknik sensus sebagai sampel dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.

Hasil dari penelitian ini adalah : Pajak Daerah dan Retribusi Daerah  berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Modal, Pajak Daerah berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dan Retribusi daerah dan Belanja Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur.

 

Kata Kunci : Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Belanja Modal dan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.