DESAIN KEMASAN YANG MENARIK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BANYUMANIK SEMARANG

Mutiawati Mandaka

Sari


Kemasan merupakan istilah yang tidak asing dalam keseharian kita, terlebih bagi industri dalam menawarkan produknya. Dalam proses pembuatan kemasan terdapat beberapa prinsip yang disebut sebagai prinsip utama kemasan sehingga suatu kemasan dapat memiliki rupa beragam yang berperan sebagai wadah bagi produk di dalamnya dan menarik perhatian melalui tampilannya. Prinsip tersebut memperlihatkan perubahan wujud, dari dwimatra menjadi trimatra, yang sering disebut sebagai sebuah ’transformasi’. Transformasi dapat ditemukan pada bidang lainnya seperti permainan anak-anak, elektronik, bahkan sampai pada konsep meruang seperti furniture pada interior dan pada arsitektural. Lebih jauh ’transformasi’ dapat pula teraplikasi dalam pikiran yaitu kondisi yang tidak terlihat nyata namun dapat dinikmati dalam berbagai media, seperti misalnya dalam permainan kartu. Melihat lebih jauh peranan dari proses pembuatan kemasan ini mengantar kita pada pemahaman akan geometri sebagai suatu metode dalam proses perencanaan dari sisi ragawi maupun pikiran, seperti dalam perencanaan arsitektur.Pada dasarnya, kemasan merupakan alat bantu jual untuk mempromosikan produknya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Di Kelurahan Banyumanik ini banyak sekali potensi dari masyarakat sekitar yang terbentuk dalam kampung tematik Kreasi Rumah Tangga atau yang lebih terkenal dengan kampung SINGGA. Ada produk seperti makanan, obat pertanian, kerajinan tangan dan lain sebagainya yang masih belum memiliki kemasan yang menarik. Sehingga penting untuk memperhatikan desain kemasan yang menarik untuk meningkatkan pendapatan khususnya di kelurahan Banyumanik Semarang.

Kata Kunci: kemasan, desain produk, menarik


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.