Hubungan Kedisiplinan Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Zenith Pharmaceutical Semarang

Kurnia Setyo Wibowo, Retno Djohar Juliani, Dewi Fatmasari

Sari


Penelitian ini mengenai Hubungan Kedisiplinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Zenith Pharmaceutical Semarang. Perumusan masalah pada penelitian ini tentang kedisiplinan karyawan, produktivitas karyawan, dan hubungan antara kedisiplinan dengan produktivitas karyawan pada PT. Zenith Pharmaceutical Semarang. Indikator kedisiplinan meliputi absensi karyawan, datang tepat waktu, ketaatan pada peraturan kerja, kecerobohan/kelalaian, dan perlambatan kerja. Indikator produktivitas meliputi sasaran tugas, standart mutu pekerjaan, kesungguhan bekerja, keterampilan kerja, dan bekerjasama. Tipe Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi.

Kedisiplinan karyawan pada PT.Zenith Pharmaceutical Semarang adalah 1% sangat baik, 93% baik dan 6% cukup baik. Produktivitas karyawan pada PT. Zenith Pharmaceutical Semarang adalah 1% sangat tinggi, 90% tinggi dan 9% cukup tinggi. Hubungan antara kedisiplinan terhadap produktivitas karyawan pada PT. Zenith Pharmaceutical Semarang adalah 90 % memiliki kedisiplinan yang baik sehingga produktivitas kerja karyawan tinggi.

Dalam hal kedisiplinan masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi yakni 10% menyatakan tidak disiplin dalam kehadiran/sering tidak masuk kerja, 2% menyatakan bekerja secara tidak aman. Dalam hal produktivitas masih ada yang harus dibenahi yakni : 2% menyatakan tidak puas terhadap hasil pekerjaan yang dilakukan, 2% menyatakan pimpinan tidak menghargai karyawan. Dalam hal ini seharusnya karyawan mengintrospeksi diri apakah dirinya sudah taat terhadap standar aturan kerja dan attitude kerja, karena karyawan yang tidak taat pada standar kerja dan bersikap tidak baik, akan mendapat nilai negatif dari pimpinan.

 

Kata Kunci : kedisiplinan, produktivitas kerja, karyawan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.