UPAYA MENI NGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGI K GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMA BINAAN KABUPATEN KLATEN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hery Wuryanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik
Melalui Supervisi Akademik Pada Sekolah Binaan Semester 2 Tahun Pelajaran
2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yaitu mulai bulan
Juli sampai dengan Nopember 2018. Tempat penelitian di SMA Binaan
Kabupaten Klaten yaitu SMA Negeri 1 Ceper, SMA Negeri 1 Bayat dan SMA
Negeri 1 Wedi, dengan mengambil subjek penelitian adalah guru sejumlah 12
orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah,
dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan
utama yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observation
(pengamatan), reflection (refleksi). Tehnik pengumpulan data dengan
menggunakan metode wawancara. observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kompetensi
Pedagogik Guru. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang
memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam
pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan melalui supervisi
akademik pada 2 (dua) siklus. siklus I mencapai rata-rata 63% ( kategori cukup)
dan pada siklus II mencapai rata-rata 68% (kategori baik). Terdapat peningkatan
kemampuan guru sebesar 5% dari siklus I. Terjadi peningkatan yang signifikan
terhadap kondisiawal sekolah bila dibandingkan dengan keadaan akhir pada
siklus II. Ketepatan guru masuk ke dalam kelas meningkat 48%, pemanfaatan
media belajar meningkat 32%, metode variatif meningkat 31%, dan strategi
belajar meningkat 36%.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Supervisi Akademik


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.