MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MENERAPKAN FORUM DISKUSI KELOMPOK KECILPADA SMA BINAAN KABUPATEN KLATEN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Hery Wuryanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan forum diskusi kecil pada Sekolah Binaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yaitu mulai bulan Januari sampai dengan Mei 2019. Tempat penelitian di SMA Binaan Kabupaten Klaten yaitu SMA Negeri 1 Klaten, SMA Negeri 1 Jatinom dan SMA Negeri 1 Prambanan, dengan mengambil subjek penelitian adalah guru sejumlah 10 orang.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah, dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observation (pengamatan), reflection (refleksi). Tehnik  pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara. observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Forum Diskusi Kecil dapat meningkatkan Kemampuan Guru Dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Hal itu dapat dibuktikan peningkatan Kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas sebelum diterapkannya forum diskusi kelompok kecil masih kurang sekali dibuktikan dari hasil analisa hasil jawaban angket adalah nilai maksimal 48,80, nilai minimal 21,60. Selain hal tersebut di atas, penerapan forum diskusi kelompok kecil  yang dilakukan oleh pengawas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dibuktikan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan hasil berupa laporan penelitian tindakan kelas dari seluruh guru.

Kata kunci :    Kemampuan Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Forum Diskusi Kecil


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.