ANALISIS PELAYANAN PENINGKATAN KUALITAS PENERBITAN SURAT IJIN MENGEMUDI (STUDI KASUS DI KANTOR SATUAN LALU LINTAS POLRES KENDAL)

Dina Damayanti

Sari


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa pelayanan penerbitan SIM C di kantor Satlantas Polres Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan instrumen penelitian pemohon SIM petugas administrasi, petugas ujian teori dan ujian praktek. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan, pekerjaan lapangan, dan pelaporan. Peningkatan pelayanan penerbitan SIM C di Satlantas Polres Kendal yakni masyarakat pemohon SIM C menuntut untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit. Dengan demikian secara moral instansi memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang baik. Faktor instansi bahwa Satlantas Polres Kendal dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan bersahabat tidak berbelit-belit. Faktor Pendukung peningkatan pelayanan penerbitan SIM C di Satlantas Polres Kendal , adalah pemahaman pegawai terhadap computer dan dukungan dari masyarakat terkait dengan keterlibatan masyarakat dalam pengurusan SIM yang mengikuti prosedur. Adapun faktor pendukung lainnya adalah faktor komputerisasi yang cukup memadai, hal ini dibuktikan dengan sistem berbasis komputer yang terdapat pada bagian produksi, sehingga hal ini dapat membantu mempersingkat waktu dalam proses pembuatan SIM C. Faktor penghambat peningkatan pelayanan penerbitan SIM C di Satlantas Polres Kendal sarana fasilitas tempat duduk bagi pemohon SIM dan keterlambatan stock material SIM. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang bisa peneliti sampaikan sehubungan dengan Peningkatan Pelayanan Penerbitan SIM C yang kiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk perbaikan proses layanan adalah (1) Perlunya pihak kantor Satlantas Polres Kendal untuk tetap menjaga upaya peningkatan pelayanan sebagaimana yang sudah berjalan dengan memberikan pelatihan bagi calon-calon tenaga operator computer di tempat penerbitan SIM. (2). Perlu memberikan perhatian pada pemohon terkait dengan penyediaan tambahan tempat duduk atau bangku agar pemohon merasa nyaman dan terayomi.
Kata kunci : Pelayanan Publik, Penerbitan SIM

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.