PENGARUH INTENSITAS MEMBACA, KOHESIVITAS KELOMPOK REFERENSI DAN KEPEDULIAN PADA KLUB TERHADAP PERSEPSI INDIVIDU TENTANG PSSI DALAM PENJATUHAN SANKSI KOMISI DISIPLIN PADA PSIS SEMARANG

Sarwo Edy

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemberitaan surat kabar tentang kasus “sepakbola gajah” antara PSS Sleman vs PSIS Semarang. Pemberitaan tersebut mendapatkan perhatian pro dan kontra masyarakat Kota Semarang, dan di sisi lain tingkat kepercayaan masyarakat terhadap PSSI semakin melemah, sehingga bermuara pada munculnya kontroversi dalam menyikapi hasil pertandingan PSS vs PSIS terkait dengan sanksi dan hukuman yang diterima kedua kesebelasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh intensitas membaca, kohesivitas kelompok referensi dan kepedulian pada klub terhadap persepsi individu tentang PSSI dalam penjatuhan sanksi Komisi Disiplin PSSI pada PSIS Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Sebagai unit analisis dalam penelitian ini adalah warga Kota Semarang yang selama 3 bulan terakhir minimal membaca pemberitaan tentang penjatuhan sanksi Komisi Disiplin kepada PSIS, sebanyak 5 kali dalam kurun waktu September s/d Desember 2014. Besarnya sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Intensitas membaca (X1) berpengaruh positif terhadap persepsi tentang PSSI dalam penjatuhan sanksi Komisi Disiplin pada PSIS Semarang (Y); 2) Kohesivitas kelompok referensi (X2) berpengaruh positif terhadap persepsi tentang penjatuhan sanksi pada PSIS Semarang (Y); 3) Kepedulian pada klub (X3) berpengaruh positif terhadap persepsi tentang penjatuhan sanksi pada PSIS Semarang (Y); 4) Intensitas membaca, kohesivitas kelompok referensi dan kepedulian pada klub secara simultan berpengaruh terhadap persepsi tentang penjatuhan sanksi pada PSIS Semarang.
Kata Kunci: intensitas membaca, kohesivitas kelompok referensi dan kepedulian pada klub dan persepsi tentang penjatuhan sanksi pada PSIS Semarang

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.