PERLUASAN PEMASARAN PRODUK MAKANAN OLAHAN LIDAH BUAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOG DI KELURAHAN LAMPER KIDUL KECAMATAN SEMARANG SELATAN KOTA SEMARANG

Retno Djohar Juliani

Sari


Kelurahan Lamper Kidul merupakan satu wilayah yang berada di Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, yang terbagi menjadi 6 RW dan 41 RT yang terdiri dari 1.233 KK. Dengan ditunjuknya Kelurahan Lamper Kidul oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang pada tanggal 29 Desember 2014 sebagai desa vokasi, untuk membentuk Kelompok Belajar Usaha/KBU terutama bagi warga yang kurang mampu guna meningkatkan produktivitas kerja, kemampuan, ketrampilan dan kesanggupan untuk berusaha dengan tujuan dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan pendapatan keluarga.

            Di Kelurahan Lamper Kidul terdapat banyak tanaman lidah buaya sebagai tanaman toga. Dari tanaman lidah buaya ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan dasar alternatif untuk berbagai produk makanan olahan. Selama ini produk yang mereka hasilkan hanya untuk dipamerkan ketika ada kunjungan tamu ke Kelurahan Lamper Kidul atau hanya membuat produk apabila ada pesanan. Akibatnya produk makanan olahan yang dihasilkan ini kurang dikenal oleh masyarakat luas. Melalui KKN Vokasi Universitas Pandanaran  ini kami memberikan pelatihan pembuatan dan pengisian blog sebagai sarana untuk perluasan pemasaran agar produk makanan olahan berbahan dasar alternatif lidah buaya ini dapat dikenal luas di masyarakat sehingga nantinya usaha ini dapat menjadi usaha home industry yang mandiri dan mapan sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan keluaga. 

Kata Kunci : Produk makanan olahan lidah buaya, perluasan pemasaran dan blog.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.