PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL ( Studi Kasus Pada Kelas XI IPS 3 SMA NEGERI 1 CEPIRING Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016)
Sari
Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Cepiring tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan hasil yang kurang optimal yaitu banyak siswa yang belum tuntas belajarnya. Nilai rata – rata hasil belajar yang diperoleh siswa hanya 50,2 dan nilai terendah = 20 , nilai tertingi = 95 , jumlah siswa yang tuntas belajarnya hanya 8 siswa (24,2%), sementara 25 siswa yang lainnya ( 75,8%) masih mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepiring pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 khususnya pada materi pokok Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Cepiring pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 khususnya pada materi pokok Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, berdasarkan hasil tes awal penelitian tindakan ini didesain menjadi dua siklus dengan tiap –tiap siklus masing – masing 4 pertemuan masing-masing pertemuan 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) yang meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa : a) Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan aktivitas belajar Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal aktivitas belajar rendah ke kondisi akhir aktivitas belajar sangat tinggi. b) Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal rata – rata hasil belajar 50.2 menjadi rata-rata hasil belajar 76.8 pada kondisi akhir.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik berkirim salam dan soal, Aktivitas belajar
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.